Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan tradisional pada umumnya memiliki ciri khas dari daerah aslinya dengan tradisi budaya daerah setempat,permainan tradisional sangat memiliki manfaat baik bagi perkembangan anak,baik secara fisik maupun mental.

Dulu permainan tradisional selalu di jumpai di setiap daerah berbagai permainan di mainkan dengan riang,tawa dan canda penuh kebahagian,saat kecil mungkin anda pernah merasakan permainan tradisional sekarang sudah menjadi kenangan pasalnya permainan tradisional sudah jarang di mainkan bahkan hampir punah,namun jika anda berkunjung di daerah-daerah terpencil mungkin masih ada beberapa permainan tradisional yang dapat di jumpai.

Lantas gimana kabarnya permainan tradisional yang dulu sangat populer di kalangan anak 90an,Seiring berkembangnya zaman dan teknologi permainan tradisional sudah terlupakan dan tergantikannya dengan gadget yang memiliki permainan dengan cara di unduh bahkan permainan game online.


Ketika masih kecil kita sangat suka bermain hingga lupa waktu makan,pulang hilang orang tua mencari dan di marahin,masih inget permainan yang kalian mainkan dulu sedikit nostalgia yuk...?mengingat permainan zaman oldo(dulu) yang sekarang sudah tidak mungkin kita rasakan lagi bahkan sulit di temui anak-anak yang memainkanya,sudah tergantikanya permainan dulu dengan gadget.

ini dia permainan yang terlupakan


Permainan Kelereng atau Gundu

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Siapa si yang tidak tau dengan permainan ini permainan yang sangat populer di masanya sering di mainkan di sore hari di halaman rumah dengan teman-teman permainan yang bisa saya dulu sebut iayalah permainan (panahan,segita,kejaran,roket) menggunakan kelereng,mungkin d zaman sekarang itu terdengar aneh.

Permainan Egklek

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan


Permainan ini bisanya di mainkan oleh wanita namun tidak jarang juga di masa dulu laki-laki memainkan_nya,permainan yang sangat mudah dengan membuat kotak-kotak di tanah sebagai tempat untuk melompat dengan mengunakan kaki satu melewati kotak tersebut dengan tidak menyentuh garis nya melempar gacok(sebutan di daerah saya) kotak demi kotak hingga sampai yang teratas,sungguh permainan yang asik dan seru.

Permainan Petak Umpet

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini sangat seru di mainkan dengan banyak orang dengan satu yang berjaga yang lain sembunyi di tempat yang aman bahkan tak jarang dulu ada yang bersembunyi di rumah pulang dulu untuk makan sungguh kasihan ya yang bagian jaga.


Permainan Ular Tangga

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini serasa seru sekali dengan 4 orang biasanya yang memainkan bisa lebih,sangat senang ketika mengocok dadu keluar nomor 6 atau doubel karena bisa lanjut mengocok dadu kembali,yang bikin sebel ketika mau sampai finis ehhh kena gambar ular yang panjang turun lagi deh tapi tetap asik dengan canda dan tawa memainkannya tidak seperti zaman sekarang karena sudah bermain gadget.

Permainan Lompat Tali

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Masih ingat dengan permainan lompat tali ini dengan menggunakan karet gelang yang di sambung hingga panjang dan di mainkan minimal 3 orang ini sangat seru.

Permainan Layang-Layang

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini salah satu favorit saya di mainkan di tanah lapang di sore hari dengan teman sungguh asik,bahkan layang-layang yang di mainkan bukan dari beli namun dengan membuat sendiri jadi tak jarang ukurannya pun besar-besar di daerah saya biasanya membuat layang-layang sendaren,bapagan,biasa ,kupu-kupu,ikan pari yang sangat populer adalah sendaren kan di layang-layang di berikan suara bunyi-bunyian dengan menggunakan janur atau pita diberikan lampu dengan menggunakan baterai jam sebagai dayanya di terbangkan hingga malam hari sungguh keren seolah seperti pesawat.

Permainan Lumbung

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini jika di daerah saya bernama lumbung mungkin karena bentuknya yang seperti lumbung padi dimainkan minimal 2 orang bisa lebih.

Permainan Gasing

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini dulu sangat populer banget,beli gasing di pasar terus di adu sama gasing teman,tidak jarang juga ada gasing yang di buat menggunakan kayu namuan sekarang permainan ini sudah jarang banget.

Permainan Gatheng 

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini menggunakan batu kerikil dengan jumlah banyak dengan satu gacok di tangan cara memainkannya cukup mudah dengan melemparkan ke atas gacok nya lalu mengambil menyebar batu hingga terpencar ulangi melempar batu ke atas dengan tangan mengambil batu yang sudah tersebar tadi satu persatu atau lebih dengan catatan tidak menyentuh yang lain saat di ambil.

PermaiananTulup

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini menggunakan bambu kecil yang kuat agar tidak mudah pecah ,bambu di bagi menjadi dua kemudian buat peluru menggunakan kertas yang di basahi dengan air terlebih dahulu bisa juga menggunakn jambu air yang masih bunga lalu di padakan kemudian lakukan penembakan ke arah target.

Permainan Meriam

permainan meriam atau bambu betung

Permainan ini bisanya di mainkan saat bulan puasa karena permainan dengan mengeluarkan suara yang keras untuk membanggunkan sahur,tak jarang juga untuk balas-balasan dengan teman karna ketika bulan puasa permainan ini sangat ramai

Permainan Ketapel

Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan

Permainan ini biasanya digunakan untuk berburu burung,berburu mangga,rambutan dll.alat yang di buat dari kayu berbentuk Y ini di kedua ujungnya dipasang karet pentil(karet bewarna) bisa juga menggunakan karet ban sepeda motor bekas,selaiin itu di ujung karet diberi lembar kuli bisa bekas  sabut atau kain levis yang kuat sebagai tempat pegangan benda yang akan diluncurkan umumnya menggunakan kerikil atau kelereng



Sangat menyenangkan bila anak di jaman sekarang masih bisa memainkan permainan di atas lebih menyengkan,keseruanya berlipat-lipat lebih banyak dari memainkan game di smartphone atau laptop.Terlebih permainan tradisional mengasah kemampuan baik fisik,fikiran dan emosional anak.

Belum ada Komentar untuk "Permainan Tradisional Indonesia Tahun 90an Yang Terlupakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel